Pengalaman Rekrutmen Tes ODP Bank Syariah Mandiri 2015

Leave a Comment

Sehabis lulus taun 2015 dan galau mau milih mau kerja dimana, akhirnya ikut acara Job Fair yang ada di UI setelah sebelumnya 3 taun jadi panitia/volunteer di Job Fair UI. Job Fair UI ini recommended buat fresh graduate yang pertama kali cari kerja karena pilihan banyak dan company-nya juga cukup bergengsi, selain itu juga banyak beasiswa luar negeri yang cukup menarique.


Ada yang menarik hati di saat salah satu booth langsung nyediain Walk in Interview, mumpung belom prepare yaudah hajar bleh aja. Kebetulan pengen nyoba tes yang buat Officer Development Program a.k.a ODP dari booth Bak Syariah Mandiri. Cekidooot~~


Walk-in Interview

Ngobrol biasa sih kebanyakan verifikasi bahas pengalaman organisasi yang ada di CV, ngomongin sedikit tentang personal. Ibaratnya kaya perkenalan doang sama nyocokin apa yang ada di CV.


Tes Kompetensi dan Psikotes

Selang beberapa lama, dipanggil lagi buat ngerjain tes kompetensi sama psikotes. Tes kompetensinya ada beberapa sub tes yang masing-masing ada waktunya, ada tes aritmatika, tes sinonim, tes yang hapalan juga ada. Tes dilanjut ngerjain tes koran, tes gambar yang 8 kotak, sama tes gambar orang sama pohon. Seperti biasa tes yang bikin nguras stamina ya ga lain dan ga bukan adalah tes koran (tes korannya yang dari bawah ke atas ya). Tapi untungnya BSM baik, boleh ngerjain sambil bebas duduk di lantai hahaha.


FGD dan Baca Quran

Lolos tes tulis lanjut tes bebacotan alias tes FGD, waktu itu dibagi jadi 8 sampe 10 kelompok dimana satu kelompok ada sekitar 8-12 orang kalo ga salah. Waktu itu ngebahas tentang market share Bank Syariah di Indonesia. Untungnya waktu itu ga ada yang dominan dan masing2 orang cukup fair dari segi waktu dan kualitas argumennya. Soalnya kalau ada yang full dominan bisa-bisa dicoret satu grup itu. Abis itu lanjut tes baca Quran. Yak, lo ga salah baca. Gue disuruh tes baca Al-Quran. Satu-satunya tes yang ga pernah gue alamin lagi sejauh ini. Yang penting lo ngerti grammar alias tajwid. Kayanya ga ada parameter khusus buat nilai tes baca Quran. Yang penting bisa aja deh.


Tes Wawancara Direksi

Akhirnya lolos tes sebelumnya, lalu diundanglah ketemu sama Direktur apa gitu lupa wkwk. Waktu itu wawancaranya ga sendiri tapi bertiga atau berempat kandidat gitu. Ditanyain terkait personal gitu, klo ga salah ada case yang dia jabarin trus ditanyain pendapat kita satu2. Selain itu, yg paling gue inged, dia nanyain udah pada punya pacar atau belum, keahlian non akademik apa, sama siap sedia ga kalo ditempatin di seluruh Indonesia. Ya tentu saja kami jawab SIAP GRAK doongs. haha. Kayanya cuma sekitar sejam sampe dua jam-an doang ngobrolnya. Kayanya di tahap ini kemungkinan besar pasti keterima sih.


Gue lupa apakah di rangkaian tes ODP ini ada tes kesehatannya apa enggak, seinged gue ga ada deh. Lupa juga gue. Kalopun ada, kayanya sama macem standar tes kesehatan pada umumnya deh. Alhamdulillah keterima di ODP BSM tahun 2015 ini, tapi karena ada satu dan lain hal ga jadi diambil. :(


Begitulah sekiranya ingetan gue tentang pengalaman tes di Bank Syariah terbesar di Indonesia. Kalau ada yang mau ditanyain bisa post pertanyaan dibawah or DM IG sama twitter gue juga bisa. Bye~

0 comments:

Post a Comment