#CARAGUA: Cara Ngilangin VVOA Virus Ransomware

Leave a Comment

Hobi download film bajakan atau file - file crack-an? Mulai hari ini, anda harus waspada terhadap sesuatu yang mengancam keselamatan jiwa dan data yang ada pada laptop atau pc anda. Attention ke virus ransomware yang lagi happening dan digandrungi para hacker jahanam untuk dapetin fulus secara ilegal. Biasanya virus konvensional nyerang laptop biar ga bisa digunain atau dipake secara fungsionalitasnya, tapi sekarang ada virus yg nyerang data si pengguna biar ga bisa dibuka lagi meskipun udah di-install ulang windows-nya.


Jadi, apa sih ransomware ini? Gampangnya, file-file yang lo punya di laptop bakal ga bisa dibuka. Jadi, si virus ini bakal nge-enkripsi file dan nambain ekstensi file jadi nama virusnya, macem vvoa, agho, vpsh. Selain itu, di setiap folder bakal ada satu file bernama readme yang isinya penjelasan kalo laptop or pc lo udah disusupi ni virus, sama kalo mau balik lagi file-nya, lo harus bayar sejumlah uang. Pernah denger cerita kalo ada orang yang trial ngirim file ke email si empunya key decryptor aka si pembuat virus-nya nanti bakal ngirim balik file aslinya. Nah, mampus ga lo kalo kena di file yang penting.


source: https://howtofix.guide/vvoa-virus/


Meskipun, amit - amit kalo kena, ya yaudah lo harus mengikhlaskan file yang lo punya ambyar ga bisa dibuka lagi. Oiya, ni teknik si virus nge-enkripsi file-nya ada dua jenis, yaitu online dan offline. Bakal wassalam kalo kena yang bertipe online karena sampe sekarang belom ada caranya buat nge-encrypt, dan kalo kena yang offline insyaallah masih bisa di-dekripsi make Emisoft Decryptor buatannya Michael Gillespie karena di-update terus aplikasi dekriptornya. 


Yang pertama ketika laptop/pc lo kena ni ransomware adalah ngilangin si virus dari laptop lo. Cara yang paling gampang adalah make antivirus premium yang bisa trial dulu seminggu atau sebulan. Salah satu yang bisa dipake adalah Malwarebyte Premium dan Grindsoft Anti Malware. Biarin di scan dulu sama coba ngapus aplikasi kampret penyusup di control panel. Pastiin jangan sampe ada flashdisk atau hardisk yang connect ke komputer lo. Sama tes dengan buat file txt kemudian coba di-restart komputernya, pas nyala lagi, lo pantengin tuh apakah si file tadi masih txt apa udah berubah lagi ekstensinya jadi vvoa. Buat cara-caranya, paling gampang bisa ngikutin di web ini https://howtofix.guide/vvoa-virus/. Preventif yang bisa kita lakuin adalah selalu backup data kita tiap bulan ke hardisk eksternal atau ke cloud kalo ga mau ribet. Berdoalah agar para ahli segera bisa nemuin cara buat ngebuka file yang kena virus jadi tetep simpan si filenya ditempat aman.



0 comments:

Post a Comment