Pengalaman Rekrutmen BI PKWT - PCS - PCPM Bank Indonesia 2015

Leave a Comment
Source: https://katadata.co.id/
Cerita berlanjut setelah usaha di Rekrutmen Bank Mega berakhir dengan kegagalan. Tapi gapapa namanya juga hidup dimana ada kegagalan disitu ada kegagalan lagi. Eh maksud gue keberhasilan.

Gue mencoba beberapa tes rekrutmen buat fresh graduate unyu macem gue. Akhirnya pada suatu malem, gue inged ketika temen semasa kuliah nge-share di grup kampus kalo di Bank Indonesia ada bukaan buat PKWT. Sebagai anak bawang di rimba dunia pekerjaan, mana gue tau apa itu PKWT. Dalem hati gue waktu itu yaudah deh yang penting kerja dulu aja, gaji belakangan.

Langsunglah gue ngirim CV ke email tertera keesokannya harinya. Kalau gue ga salah inged, 3-4 hari setelahnya, baru deh di-reply email gue terkait invitation wawancara.

Hari H-pun tiba.

Waktu itu ada sekitar 3 orang yang lagi ngantri wawancara. Ngobrol ina itu sesama calon kemudian dipanggil masuk ke ruangan secara bergiliran. Wawancaranya standar sih terkait pengalaman kuliah, organisasi, hobby, sama pas magang pernah ngapain aja sebelumnya. Waktu itu wawancara lumayan seru sih, chemistry-nya dapet antara gue sama yg ngewawancarain. Dijelasin terkait jobdesknya, periode waktu kerjanya, kalo nanti bakal kerja ama bule Rusia dan sebagainya. Pokoknya intinya gue yakin banged pas wawancara kalo gue bakal diterima.

Wawancara kelar. Seminggu kemudian ada email masuk kalo gue diterima di BI jadi PKWT periode 2015-2016. Waktu itu ada sekitar 4 orang yang lolos termasuk gue.

Jadi intinya gitu doang sih. Tesnya cuma sekali itu doang. Enak banged kan ?!

Terus kalo ada yang nanya bedanya antara PKWT, PCS, sama PCPM dimana? Kalo gue kasih gambaran, gampangnya secara jenjang karir atau struktur dalam keorganisasian

- OB
- Anak Magang
- PKWT, masuknya sama kaya karyawan kontrak
- PCS, calon staf dimana nantinya diproyeksiin bakal ngisi pos Staf yang mana buat naik ningkat agak lama waktunya
- PCPM, calon asisten manajer yang mana dari PCPM lah diproyeksiin buat ngisi pos petinggi-petingginya BI
- Manajer
- Asisten Deputi Direktur
- Deputi Direktur
- Direktur
- Deputi Gubernur
- Gubernur BI

Begitulah sodara-sodara, kalo ada yang mau ditanyain bisa ditanya di kolom komentar. Thanks.



0 comments:

Post a Comment