Kefanaan Fanatisme

8 comments


Hai hai...kembali lagi nih ane ke goa tercinta.

Gak seru kayanya kalo gue ga ngepost tentang hal hal yang berbau politik. Sebenernya topik ini adalah topik yang paling males gue bahas. Alasannya sih ya ga perlu gue jabarin disini. Ntar lo jadi malah illfeel lagi sama muka postingan gue. Berhubung sebentar lagi ada pemilihan presiden dimana ada dua kubu yg saling "bertarung" memperebutkan mobil berplat RI 1, jadi gue mau bahas seputar itu. #stillmainstream. Eiiitsss, tapi disini gue mau mencoba senetral mungkin dalam ngebahasnya. Jadi maap maap aja nih buat kedua kubu harus gigit jari gak gue promoin presidennya.wkwkwk.

Rasa rasanya kita bareng - bareng ngeliat di media massa entah itu media cetak, elektronik ataupun e-media (sok english lo,tapi ngaco), udah banyak kampanye sejak akhir taun 2013. Kala itu (cieilah kala itu) banyak juga calon dari calon presiden ngiklan dimana - mana mulai dari bapak pengusaha yg sering tampil di tivi yg sering ngomong "Berani Kotor itu Baik", bapak - bapak yg ngeksis di tivi suka bagi bagi duit di acara quiz, atau om unyu yg suka meluk boneka beruang ucul. Yah, inilah fenomena musiman. Fenomena 4 tahunan sekali. Tapi bahasan gue ga berhenti sampai disitu aja. Lo tau kan semenjak negara api menyerang si aang dan naruto masih mencoba melawan kaguya serta captain tsubasa bersama hyuga yg pengen ngalahin carlos santana di brazil, para bapak - bapak ini ternyata ga jadi nyalon jadi presiden. Alhamdulillaah, ternyata tuhan telah memberikan hidayah ke mereka #eh. Kita semua tau kalo pada akhirnya hanya keluar 2 calon presiden aja. Ga kurang. Ga lebih.

Mungkin baru kali ini gue ngerasain gimana sengitnya persaingan pemilihan presiden. Mungkin lo udah pada tau kalo sekarang sebagian besar masyarakat Indonesia terbagi jadi dua kubu. Inget yah sebagian, ga semuanya. Tapi yg akan gue garis bawahi disini tentang sifat fanatisme dari kedua kubu itu.Sebelumnya mungkin gue bakal jelasin dulu artinya fanatisme itu sendiri. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, fanatisme yang dibaca fa·na·tis·me n adalah suatu keyakinan (kepercayaan) yg terlalu kuat thd ajaran (politik, agama, dsb). Nah biasanya, sebagian besar orang yg udah kecantol sifat fanatik ini bakal keras kepala, batu kalo udah ada opini yg bertentangan dari apa yg difanatikinnya.


Daripada gue bacot panjang lebar, mungkin langsung ajalah to the point. Kali gue bakal menganalogikan (lagi) antara sifat fanatik kedua kubu yg sering teriak teriak di segala macem media dengan:


1. Bocah Ingusan

Bocah ingusan A: kamu jelek, item, ceking anaknya pak Jarwo botak. wek wek wekk
Bocah ingusan B: kok ngatain aku.kamu gendut, cacingan, jomblo, dekil, idup lagi. 

Gue yakin seratus persen, lo pernah berada pada situasi itu. Saling mencela. Saling mencaci. Buat anak kecil, cara terbaik dan paling efisien untuk saling menjatuhkan lawan adalah dengan mencoba menjelek - jelekan rivalnya. Pastinya kalo lo udah saling dewasa, ga mungkin lagi kan lo saling ngata ngatain lagi. Ini sama kaya kejadian yg lagi banter diberitakan sekarang2 ini. Kedua kubu saling jelek - jelekin lawan politiknya. Masih mending kalo cuma sekedar main jelek - jelekkan. Lah kalo udah main fitnah fitnahan? Agak miris juga ngeliat orang2 dari elit maupun relawan politik yg seakan tutup mata terhadap prestasi kubu lawan. Mungkin kalo Soekarno diidupin lagi make edo tensei, pasti bakal mencak mencak dah ngeliat negaranya yg udah berumur tua tapi kelakuan masih kaya bocah SD yg nyebok aja mungkin belom bisa. Dan yg paling konyol adalah ketika ada masyarakat yg dengan mudahnya terhasut sama fitnahan fitnahan murahan itu. Typically bocah banget.

2. Overdosis


Menurut yg gue tonton di tivi, narkoba itu barang terlarang. Kenapa masih aja ada orang bego yg make tuh barang? Karena ketagihan. Pengen make terus. Berlebihan. Cuma berhenti kalo udah overdosis. 

Seperti yg gue jelasin di awal, kalo analogi ini cuma buat orang2 yg fanatik aja.Pastinya lo pernah ngeliat temen lo ngepost ini itu di FB, twitter, atau media apapun tentang capres X. Lo pantengin dia deh. Dia pasti ga bakal cuma ngepost satu atau dua artikel, tapi banyak banget artikelnya. Dia ga pernah ngefilter artikelnya. Dia baca dan kalo ternyata isinya membangga2kan pilihannya, dia bakal post. Kalo misalkan dia baca artikel yg ngemuat kejelekan lawan pilihannya, dia post juga. Siklus ini juga bakal terjadi paralel dengan pendukung fanatik satunya. Jadinya, home FB, twitter, path, friendster kebanyakan isinya cuma caci maki doang. Cape. Cape Mata, Cape Hati. Apalagi ini bulan puasa. Mereka mungkin bakal overdosis ketika proses pemilihan selesai. Tapi mungkin aja masih berlanjut dengan tetap tidak terima kalo pihak mereka kalah. Kita lihat saja nanti.

3. Topi Miring


TV A nayangin si X mulu. TV B nayangin si Y mulu. Koran P bangga - banggain si X mulu. Koran Q jelek jelekin si X mulu.

Gue bingung deh sama beberapa media jurnalistik di Indonesia. Gue pernah baca kalo seharusnya pemberitaan media itu ga boleh memihak kecuali untuk kepentingan publik. Dan ngeliat media media yg tidak netral itu, gue ngeliat sebagai orang yg lagi mabok abis minum topi miring. Ga bisa berjalan tegak. Pasti selalu miring ke kiri atau ke kanan.


Melihat itu semua gue pikir kalau kita masih belum dewasa. Masih butuh banyak pembelajaran sana sini untuk bisa jadi lebih baik. Gak selamanya menjelek - jelekkan orang akan membuat kita lebih tinggi dibanding orang yg kita jelek - jelekkin. Ketika ada orang yg berprestasi, mungkin kita jgn cuma diam dan mencerca dengan segala sifat negatif thinking kita. Sudah saatnya kita juga harus bergerak dan membuat prestasi sendiri. Buat para kedua kubu, yuuk kita sama sama bahu membahu buat negeri ini lebih baik. Sekarang bukan jamannya untuk saling gontok gontokan serta masih menutup mata. Bela yang benar dan akui kalau ada kesalahan.

Sebelumnya gue mau minta maaf kalo ada banyak kesalahan kalo ga sesuai dengan sudut pandang lo lo pada. Peace berooooo. Semoga lo pada ga golput yah abis baca postingan gue. Karena satu suara lo sangat dibutuhkan kalo pada akhirnya suara yg ada berakhir seri :)

8 comments:

  1. ah ya. untung gaada tv jadi ga bosen bosen bgt ngeliat berita. dan di kantor social media juga di blog, jadi ga ngerasain semacam orang orang overdosis.
    dan ya.. gimana stasiun tv ga memihak orang ada yang punya yang ndukung si salah satu kubu kan. tapi rupanya sih sudah dilarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. beruntung sih ga lihat betapa nafsunya mereka yg saling jelek - jelekkin satu sama lain :(

      Delete
  2. Pandanganku sendiri sih, fanatik yang selalu share apapun yang baik tentang lawan dan share kebaikan lawan dijadikan kejelekan.... Menyedihkan banget. Kalo emang pro ke satu orang, kalo bagi aku sendiri, silahkan share apapun, tapi please jangan ungkit-ungkit lawan, ntar jadinya ya gitu, malah menjelekkan. Sarannya sih itu aja, pro boleh, tapi nggak usah jelek-jelekin lawan keleuuuusss. :D

    Sama satu hal sih, mungkin ini efek pertumbuhan demokrasi. Bangsa kita masih cukup baru dalam penerapan demokrasi, tapi SBY berani menerapkan deal with it banget. Mau orang demo segala macem dihadapin aja. Nah poinnya, saling lempar opini yang sebenernya bikin kawan jadi lawan ini efek pertumbuhan demokrasi. Semoga aja kedepannya, cara kita untuk berdemokrasi lebih cerdas dan sehat lagi. Aamiin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu. ibarat di fase kehidupan, kita tuh masih kaya balita yg jatuh bangun buat belajar jalan. kita doakan saja supaya bisa cepet jalan :)

      Delete
  3. Gue no komen sih soal pemilu tahun ini. Belum bisa nyoblos. Tapi kalo gue liat-liat dan cermati, emang bener semua yang lo bilang. Dan, semua ini pastinya gak akan berakhir walaupun presidennya udah kepilih. Pasti akan terus berlanjut, entah sampai kapan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. and we see. kedua kubu sepertinya tidak mau ngalah. liat nanti apakah kubu yg kalah akan jadi ksatria dengan mengakui kekalahan

      Delete
  4. Pemilu kali ini gue terpaksa harus golput.


    Belum boleh nyoblos soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masih muda yah belum boleh nyoblos. sama kaya gue #eh

      Delete