Pengalaman Rekrutmen Tes MMDP Bank Mega 2015

1 comment
Ga kerasa udah 1 bulan semenjak gue jomblo. Eh maksud gue setelah lolos lulus dari dunia perkuliahan. Sebagai cicunguk di dunia pekerjaan, gue nyari-nyarilah kerja yang kira-kira bisa gue masukin. Kalo ga salah waktu itu ada info loker di forum fakultas gitu, suruh kirim CV ke alamat yang bersangkutan. Sesungguhnya gue juga gatau jobdesc kalo kita keterima di MMDP Bank Mega ngapain. Yah namanya cecere, jadi semua loker gue sebar aja. Kali aja jodoh.

Sekitar kurang dari sebulanan, akhirnya dapet email undangan buat ikut tes. Dalem hati banyak nyebut, 'Alhamdulillaah wa syukurillah, keran mulai terbuka' tuh. Sebenernya ikut tes buat nyoba-nyoba aja sih biar nambah pengalaman tes kerja itu kaya gimana. Di undangan nyebutin kalo disuruh dateng jam 9-an gitu. Sebagai calon pegawai teladan Bank Mega, mulailah gue survey tempatnya dimana, dari rumah gue naek apa, kira2 pegawainya cakep2 apa kaga.

Hari H pun tiba. Gue yang kala itu berangkat dari rumah jam 5, nyampe kantor Bank Mega sekitar jam 7-an. Sungguh anak baik2. Bahkan kantor di bilangan Tendean itu masih sepi :(. Gue pun mencoba tidur-tiduran di kantin yang masih sepi sampai akhirnya jam 9-an pun tiba dan gue pun diusir ama mamang2 yang mau bersihin meja karena gue ilerin. Ga deng boong.

Disini gue sempet ngobrol sama orang - orang yang ikut tes. Ada yang satu almamater sama gue tapi doi lebih tua dan malah ngobrol acara job fair di kampus, juga ada yang dari kampus kenamaan di Bandung yang dalem hati gue ngomong 'ngapain lo ngapply dimari dah' yang ternyata doi malah berangkat dari Bandung di hari H sekitar jam 3-an. Buset.

Kalau diinget - inget, berikut tahapan tesnya:

1. Psikotes
Standar psikotes gitu sih. Ada tes verbal, numerik, logika, tes milih antar 2 jawaban, tes gambar orang, pohon, sama 8 kotak juga ada. Kalo ga salah tes koran juga di tes. Lumayan tesnya cukup lengkap sekitar setengah harian gitu. Saran gue buat tes ini adalah rajin - rajin ngerjain soal psikotes terutama bagian yang mikir, yaitu ngegambar orang. HEHEHE

2. FGD
Kalo pada lolos, sekitar seminggu atau 2 minggu kemudian bakal dipanggil lagi sama HRD. FGDnya kurang lebih sekitar 6 orang gitu. Setiap orang dikasih case gitu, ada yang tentang orang kalo mau kredit gimana, mending mana antara putra daerah atau orang kompeten yang ngerantau buat nempatin posisi top manajerial di suatu daerah, sama case tentang urusan line telepon. Setiap orang bikin presentasi gitu gantian. Setiap case dibahas pro kontranya. Tenang, FGDnya make bahasa indo. Sebelum FGD dimulai, kata observernya disini ga ada yang salah, semuanya bener. Tapi gue dapet case yang terkait urusan telepon, tapi dari jawaban si observernya doi ga setuju sama jawaban gue. HAHAHA. Padahal sebelum presentasi, tanggapan gue ke temen2 yang lain uda lumayan bagus. Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelangga ini mah. Dan sudah dipastikan oleh diri gue sendiri, gue pun tidak lolos tahap ini. Alhamdulillaaah. Saran gue buat tes ini adalah jangan malu buat ngebacot, salah gak apa-apa yang penting pede dulu aja.

Kalau yang dari gue baca sih tes selanjutnya ada interview sama HRD, User, Board trus lanjut Medcheck. Kalo ditanya nyesek ga gak lolos? Kecewa sih iya cuma ga terlalu karena alesan gue daftar juga ya karena pengen liat pegawainya cakep-cakep apa kaga. Kali aja bisa jodoh. Eh!

1 comment:

  1. Kak, klo aku liat mdp bank mega ini msti wajib bsa brbhsa inggris ya...? Mreka apa mnta nlai toefl ?

    ReplyDelete