Investasi Buat Pemula

Leave a Comment

Beberapa hari ini entah kenapa mulai mikir, ni duit yang selama ini gue kumpulin dari kerja qeras bagai kuda harus diinvestasiin buat apaan. Sebelumnya, gue cuma naroh aja tuh duit di tabungan plus porsi deposito yang g terlalu gede. Sekalian nungguin kali aja ada rumah tetangga yang mau dijual cepet. Ceritanya gue pengen ngikutin investasi di real product yang contohnya property macem rumah.


Tapi setelah gue pikir-pikir karna gue masih tinggal di rumah punya ortu, rumah yang dibeli bakal dipake buat kontrakan dan itu juga ternyata nambah biaya maintenance macem renovasi ato orang yg ngontrak cabut trus buat kontrakan kosong. Jadilah gue mencoba buat nyari alternatif lain. Setelah gue surfing di internet dan ngobrol sama beberapa orang, ternyata banyak pilihan buat investasi. Sejauh ini, gue mulai tertarik investasi ke product yang terlihat lebih digital, macem saham, reksadana, obligasi, p2p (peer to peer). Sebenernya bisa dijadiin fisik juga produk investasi yang gue sebut tadi, cuma udah common klo yg ada di dunia ini sekarang udah pada scriptless. Di dunia investasi, penting buat tau return dan risk dari suatu investasi. Basic-nya gampang dan berbanding lurus antara return sama resikonya. Jadi, klo ada orang yang bilang buat nyoba invest ke suatu hal yang mana bakal ngedapetin cuan yang gede, justru itu yang perlu dipertanyakan. 



Mumpung masih belum ada tanggungan hidup anak istri, kayanya gue harus nyoba mulai budgeting pengeluaran per-bulan, tujuan finansial kedepannya kaya apa, nyiapin dana pensiun, sama idup ini mau dibawa kemana gitu. Penting buat gue dan kalian agar ga terjebak dengan iming-iming omongan orang lain. Mungkin makin tua, banyak omongan orang yang bilang mending main saham aja bla bla bla tanpa tau tujuan "main saham" itu kaya gimana. Perlu banyak yang harus dipelajarin dan spent time buat mikirin untuk mau investasi dana kemana.


Jadi, buat para newbie jangan tergoda dan langsung ngikutin omongan orang. Ada baiknya buat diserap, cari pros dan cons-nya by yourself. Mari kita sama2 belajar.


image source: https://unsplash.com/

0 comments:

Post a Comment