Lebaran tanpa Mudik?

18 comments

Assalamualaikum kawan kawan pembaca setia blog gue

Ada baiknya sebelum gue mulai ngasal nge-bahas yg aneh aneh disini, terlebih dahulu gue mengucapkan kepada kalian yang merayakan Hari Raya Idul Fitri:

Taqobalallahu Minna Wa Minkum. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Semoga kita kembali ke nol lagi yah man man. *kalo kata iklan sih gitu*.

Ibarat kata nih ya, gak afdhol rasanya kalo lebaran kita ga mudik. Betul betul? FYI,menurut silsilah rantai kehutanan di keluarga gue, bokap gue lahir dan besar dari kotanya Bapak Presiden Baru kita, Solo. Sementara nyokap gue lahir dan gede di pelosok desa dari kota penghasil mie ayam, Wonogiri. Nah kalo diliat dari google maps kan deket tuh, jadi mudiknya gue tuh searah ke rumah bokap dan nyokap persis sama kaya kata kata modusan gue kalo ngajak ngebetan gue pulang ke rumah, "balik bareng gue aja, searah kok".

Gue mudik hari Jumat tanggal 25 Juli 2014 persis beberapa jam setelah gue selesai gawe. Gue berangkat dari daerah Senayan sekitar jam 4-an pake mobil pribadi. Berdasarkan algo yg ada di google maps, seharusnya waktu perjalanan gue nyampe di kampung gue tercinta memakan waktu 10 jam. Seharusnya.

Berbekal peralatan seadanya dan tanpa mandi tentunya, gue sebagai assisten driver atau bahasa sininya disebut kenek mencoba duduk dibangku depan, mengawasi dan mengkoordinir trayek yg sopir (baca: adek gue) akan lewati. Untuk sampai ke kampung tercinta sebenernya gue ga perlu peta atau google maps, soalnya di sepanjang perjalanan udah ada papan reklame penunjuk jalan dimana mana. Tapi hati - hati juga, soalnya ada papan petunjuk arah yang kadang penuh tipuan. Contohnya begini:


Secara kasat mata, akan tampak bahwa ke Solo itu kita harus lurus. Berhubung lo lagi naik mobil dan papan penunjuk arah akan hanya terlihat sekilas doang, maka bisa jadi tulisan "jalur alternatif" ga kebaca dan diakhiri dengan lo yg sedang melewati jalanan sepi, kanan kiri pohon, depan belakang ga ada kendaraan laen. Deg. Lo hanya bisa mencaci maki dalam hati, "Kampret, kita lewat mana nih?". Nah disini nih, kenapa gue ada dan peran gue sangat vital sebagai kenek si supir.Dan gue pun bisa tertawa bangga. Hahaha

Hambatan buat mudik kali ini banyak banget bung. Seperti yang udah gue jelasin di awal kalo gue tuh berangkat pada saat mau weekend, jadi pas berangkat gue juga masih ketemu sama orang orang yg pada pulang kerja. Alhasil gue ngalamin macet ke arah Bekasi - Cikampek sono. Penderitaan gak berhenti sampai disana, berbekal curhatan nyokap gue akibat dikasih tau lewat sms dari temennya kalo ada penutupan jalur di Cikampek yg berujung pada pengalihan jalur lewat jalur tengah bukan jalur pantura. Bukan apa apa sih kalo lewat jalur tengah, cuma sepinya perumahan + trayek yg tidak menentu yg jadi kendala kalo lewat jalur tengah arah subang,apalagi pas malem malem. Gue dan sekeluarga hanya bisa berdoa semoga kita ga dibuang ke jalur tengah itu. Dan do'a pun terkabul, kita lewat jalan semestinya. Kata bokap, kalo kita kelebihan atau kekurangan beberapa jam aja kita bakal dialihin ke jalan tengah itu. Kalo kata nyokap sih ini akibat dari nungguin gue yg selesai gawe. Gue pun bisa tersenyum bangga sekali lagi.

Hal yang paling gue tunggu - tunggu selama mudik kali ini adalah Jembatan Comal. Jembatan yang ada di daerah sekitaran Pemalang. Ini jembatan merupakan jalur yg krusial buat dilewatin pemudik, kalo ga ada jembatan ini, kita disuruh muter lewat jalan yang bener2 muter. So, gue bersyukur atas kegercepan pemda ataupun pemprov setempat yg langsung ngebenerin tuh si Comal. Buat kalian yg mudik, pasti udah tau tanda - tanda kalian sudah mendekati Jembatan Shiratal Mustaqim, eh maksud gue Comal. Tanda - tandanya adalah jalur yg berlawanan sama gue udah ga ada kendaraan macam mobil atau bus yang lewat, kalaupun ada paling cuma motor warga sekitar yang mau beli susu sama sembako di desa sebelah. Tanda kedua adalah mobil atau kendaraan yg lo tumpangi udah berada di jalur antrean persis sama kaya lo lagi mau beli tiket Indonesia vs Malaysia waktu final AFF jaman jebot kemaren. Itu dua tanda yg paling utama menurut gue, tapi ati - ati, sekali lagi jangan mudah tertipu oleh jembatan yg lo lewati yg lo kira Comal. Gue kadangkala tertipu sama jembatan yg gue udah lewati, gue kira jembatan Comal eh gataunya jembatan Comel *ngasal*. Tiba saatnya gue menyaksikan eksistensi Jembatan Comal the Phenomenon. Berikut penampakannya:



Selain itu juga ada cerita kocak pas gue lagi istirahat pas malem malem. Mungkin daerah cirebonan deh atau masih Pemanukan gitu gue lupa. Jadi ceritanya dimulai ketika semua yg ada di dalam mobil udah mulai ngantuk, terutama si supir (baca: adek gue). Mau ga mau, gue sebagai kenek bertugas mencari mesjid buat istirahat. Ketemulah tuh mesjid di dalam kegelapan malam. Pas turun gue kira masjid eh gataunya mushola. Kecil dan udah banyak yg tidur disono, sampe orang yg mau sholat udah ga kebagian tempat sholat lagi. Akibat kebiasaan di rumah kalo mau tidur itu cuci kaki, kencing dan bab kalo mau, jadilah gue sama yg lain ke kamar mandi dulu. Pas udahan dan mau bobok, kita ngobrol2 bentar gitu deh. Tapi yg aneh nyokap gue kok ga keliatan batang idungnya. Selidik punya selidik, terdengar suara perempuan dari kejauhan,tepatnya dari arah kamar mandi minta tolong gitu. Kayanya kok kenal suaranya, pas di cek ke tekape eh nyokap ternyata kekunci di toilet. Aya aya wae. Gue salut sama Penjaga Kamar Mandinya, dia santai gitu denger nyokap gue yg kebingungan kekunci. Abis beresin duit receh yg dia pegang, dia langsung deh tuh naek ke atas toilet terus ngebukain pintunya. Yang gue syukuri dari kejadian itu adalah untung atepnya bolong. Gue baru menyadari, selain bisa buat ngintip orang yg lagi mandi jadi kegunaan atap yg bolong adalah sebagai pintu darurat. Pintu darurat kalo lo kekunci.

Finally, gue nyampe di rumah mbah gue setelah menempuh 30 jam. Fantastic Journey gue pikir. Pegel banget cuuuy. Tapi sensasinya bakal gue kenang terus.

Gue di rumah nyokap gue cuma sekitaran 4 hari doang. Minggu Senin Rabu sama Kamis, itu juga hari kamisnya gue udah balik lagi ke Jakarta. Sementara di Solo cuma 2 hari kurang doang. Lebaran kali ini terasa beda. Ini pertama kali lebaran tanpa mbah kakung gue, bulan Maret lalu Mbah Kakung udah pergi meninggalkan kita dipanggil Sang Khalik. Mungkin perasaan yg paling ga gue tega adalah melihat Mbah Putri gue sendirian seorang diri :(

Lebaran kali ini gue juga mengalami musibah lainnya. Yang pertama, tangan gue ketusuk sama binatang yg namanya kalajengking, sampai gue nulis nih postingan bekasnya masih ada. Mungkin lo bisa googling gimana kepedihan ditusuk sama tuh makhluk. Yang kedua, opor ayam yg udah dimasak gosong gara - gara ada yg kelupaan matiin kompor pas lagi silaturahmi lebaran. Nasib nasib.

Tapi dibalik musibah tentunya ada hidayah bukan. Dan dibalik musibah juga ada rasa suka cita. Suka cita itu adalah ketika gue yang berumur 21 tahun masih mendapat kesempatan dan kepercayaan untuk menerima angpao. Yeah, finally i still got it. Lumayan lah buat jajan setengah hari.

Suatu saat nanti, mungkin lebaran menjadi hal yang bakal gue kangenin buat ngumpul sama orang - orang yang gue sayangi dan menyayangi gue. Terakhir dari gue, Happy Eid Mubarok!

18 comments:

  1. Replies
    1. gak telat kok selama persediaan parsel masih ada *ngasal*

      Delete
  2. Anjrit. gimana rasanya digigit kalajengking? bukannya beracun ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kalajengking ga ngegigit adeeek. Mungkin gara2 dulu waktu kecil gue pernah ditusuk, udah kebal kayanya ama racunnya. Tp tetep aja, tangan gue ky kebakar gitu pas ditusuk.cobain deh

      Delete
  3. Happy ied mubarok. Mohon maaf lahir batin! Gila asli keren banget cerita mudiknya, beda sama gue yang cuma stay di rumah nungguin saudara-saudara balik. Btw, gwrs ya kak semoga itu terakhir kalinya di tusuk kalajengking. Ngehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk, taun depan ke kampung gue! sekali kali nyobain ditusuk sama kalajengking yg pernah nusuk gue.huhuhu.

      Delete
  4. WAH GW BARU TAU KALO WONOGIRI ADALAH KOTA PENGHASIL MIE AYAM!! COOL!! *iya ini lebay* :))
    Duh saya mah nggak mudik nih, soalnya asli Bandung.. Selalu seneng deh baca cerita mudik..
    Mohon maaf lahir bathin ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BARU TAU KAN LO? #ganyante hahaha

      waaah, ada mojang bandung. ayo ntar kapan2 mudik ke kampung gue...

      Delete
  5. setuju banget, dibalik sebuah musibah pasti pasti selalu ada hidayah.

    Ya, untung banget lo udah umur segitu tapi masih dikasih angpao

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya. gue juga masih ga nyangka bakal dapeet rejeki di hari nan fitrah kemaren.haha

      Delete
  6. Maaf lahir bathin ka *padahal ga kenal :p semoga lekas sembuh dan bisa mudik lg tahun depan :) salam kenal ka, my name is Nesya. Asal Medan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenal kok, nama kamu nesya kak? dari medan kan?horash. iyaa amiiin. doaaain aja yaah adeek :"

      Delete
  7. Heiii minal aidzin walfaidzin yaaa :D salam kenal, follow balik blog gue dong hihi thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, salkem juga yah dari gueee. eh betewe cari follback blog gimana yaah? ahahaha

      Delete
  8. Bulan Mei kemaren gue juga kehilangan Emak gue, atau bisa disebut Mbah Putri, hikss padahal gue udah anggep ibu ke dua gue, :"( emang beda banget kalo udah kehilangan orang yang dicintai, apalagi pas hari" spesial gini! u.u

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sedih sebanget bangetnya sediiiih. mana keliatan sedih banget mbah putri gue. makin sedih deh gueeee.huhuhu

      Delete
  9. Gue lagi nunggu kabar ternyata lo jadi ScorpioMan.. Dan lo mendaftarkan diri di Marvel biar dibikinin skenario layar lebarnya.. Gue nunggu banget.. Ini bisa jadi prestasi baru Indonesia.. Uyeah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ide bagus beroo.ntar gue ngemailin opa stan lee dulu yak buat dibikinin ceritanya. Semoga Indonesia punya super hero baru! wahaha

      Delete