#SIAKWar

14 comments


Assalamulaikum pakce dan makce...

Gue mau curhat tentang apa yang gue alamin hari ini. Hobah

Sebagai informasi, gue adalah seorang mahasiswa sok kece di salah satu perguruan tinggi di Kota Depok. Pemberitahuan lagi, kalo gue adalah seorang mahasiswa yang bentar lagi gamau ngerjain skripsi (baca: mahasiswa bangkotan). Mungkin kalo lo yang udah kuliah pasti tau deh tentang kebiasaan mahasiswa sebelum kuliah dimulai. Anda betul *trililiingtrililing* #ceritanyabacksound. Kebiasaan itu adalah milih mata kuliah buat di ambil semester depan. 

Informasi lagi nih, kalo kampus gue nih punya visi "Menjadi Universitas Riset Kelas Dunia". beeh kurang caem apa tuh. Nah, untuk itu kampus gue punya metode unik yang ga unik unik amat sih buat milih mata kuliah suatu semester, yaitu dengan sistem online. Jadinya udah ga ada lagi tuh yg namanya ngisi matkul di kertas terus minta tanda tangan ke PA. Semuanya serba online.

Tambahan lagi nih biar lo ngerti. Jadi ketika waktu pengisian matkul udah di buka, mahasiswa tinggal buka web yang biasa kita sebut sebagai SIAK-NG untuk milih mata kuliah yg mau diambil  semester depan.  Terus dalam beberapa jangka waktu kita bisa saling curhat - curhatan tentang matkul yang kita ambil. Lewat sistem itu, si dosen yg kebetulan jadi PA kita bisa tuh nerima atau menolak daftar calon matkul kita.

Sebagai mahasiswa bangkotan (baca: tua) yang sudah sering menikmati pahit dan asinnya ngisi tuh matkul, gue bakal seneng banget kalo kejadiannya seperti yg diceritain kaya di atas. Bangun tidur, buka web, pilih matkul, submit, tunggu kepastian dari dosen. Pepatah yg sangat pas untuk kasus seperti ini adalah "Harapan hanyalah harapan, bersiaplah menghadapi kenyataan yang sebenarnya". Sekali lagi, kenyataan yg ada tidak semulus dengkulnya Jupe. Gue harus menghadapi berbagai macam rintangan mirip kaya Benteng Takeshi. Semua orang di kampus gue, menyebut rintangan itu sebagai #SIAKWar.

#SIAKWar adalah perang yang diikuti oleh semua mahasiswa di kampus tercinta mulai dari mahasiswa angkatan muda sampai tua, mahasiswa yg cewe ata cowo, mahasiswa yg punya pacar atau gak (termasuk gue). Semua mahasiswa ikut, ga terkecuali ibu - ibu kesekretariatan yang mau ngubah role dari semester sebelumnya jadi semester sekarang. #SIAKWar ini ditandai dengan beberapa kejadian. Pertama, semua mahasiswa dari segala penjuru bakal sudah standby minimal satu jam sebelum waktu dimulainya peperangan(baca:waktu dimulainya pengisian matkul). Kedua, menjelang detik - detik akhir, mahasiswa sudah mulai merenggangkan jari jemarinya sembari menekan tombol F5 untuk refresh SIAK berharap ibu2 sekre udah ngeganti term-nya. Disinilah petaka itu mulai muncul. Mungkin saking banyaknya yg mencoba masuk ke SIAK, sampe2 SIAK itu sendiri ga bisa diakses sama siapapun. DOWN. Gue yg sedari malem ga bisa tidur hanya untuk ingin "menikmati" SIAK, hanya bisa menghela napas. Jurus ampuh untuk menyelesaikan masalah itu ya waktu pengisiannya diundur. Dan gue hanya bisa berkata, "Tuhan ampuni dosa dosa hambaMu"


Perang dimulai kembali ketika waktu pengisian yg udah ditentukan sebelumnya mulai mendekat, SIAK pun ga ada masalah. Petaka kedua adalah lo harus bersaing dengan mahasiswa2 lain untuk bisa masuk kelas, persis sama kaya lo mati matian pengen ngegebet cewe cakep. Penuh Kompetisi. Sama kaya perang - perang di jaman baheula, cuma ada dua kemungkinan. Merdeka atau Mati! Sama kaya lo nembak ke cewe. Diterima atau Ditendang!

Dan buat lo yang mau masuk kampus tercinta. Bersiaplah! Haahahaha *ketawasetan*

14 comments:

  1. Replies
    1. aku bukan emak kamu nak.istigfar nak istigfar.

      Delete
  2. Iya, susahnya ngakses website pas lagi rame ramenya pendaftaran kuliah. Aku lagi ngalamin itu itu ka Fadhiiil. Dan itu nyebeliiin :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyebelin abis. udah gitu kalo gue, udah ga bisa diakses..eh terus diundur..eh terus kelasnya penuh.hem

      Delete
  3. zaman makin canggih, makin keder juga wkwkwk xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus rajin2 up to date tentang info teknologi sekarang :3

      Delete
  4. wkwkwkwk, untungnya aku kuliah sampe lulus paketan :v jadi belum pernah ngalamin perang macam ini. Tapi kalau liat temen-temen jurusan lain yg bisa milih matkul sendiri, jadi iri juga pengen ngerasain~~ habisnya kuliah paketan sama aja kayak sekolah sih.

    btw gue juga mau skripsi nih *salam mahasiswa bangkotan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. laah, enak bangeet paketan. udah2 jangan pengen ngerasain, ntar stress sendiri looh.

      wih semangat mahasiswi bangkotan!

      Delete
  5. Secepetan ya kalo gak bakalan dapet kelas sisa.

    Btw, anak semester akhir toh. Gue udah wisuda loh juli kemareeeen (bales ketawa set*n)

    ReplyDelete
  6. serba online itu mempermudah banget
    tapi mempersulit ketika jaringan bapuk

    ReplyDelete
  7. Perang semesterannya anak UI nih, pernah ada saking dosennya favorit, kuota kelas yg cuma 30 keisi sampe 60 orang, terus yg dosennya killer sepi peminat. tapi SIAK sekarang nama dosen udah gak keliatan lagi sih, skrg WAR nya cuma rebutan matkul aja hehehe. salam kenal ya, blognya bagus saya follow sekalian ya :)

    ReplyDelete
  8. Hahaha sama nih kayak di kampus gue. Tapi, berhubung gue udah mahasiswa semester tua, jadi nunggu hari-hari terakhir aja. Nunggu agak 'sepi'. :))

    ReplyDelete
  9. kunjungan pertama di blog Fadhil Ghonim, di tunggu kunungan baliknya iya mas :)

    ReplyDelete
  10. Gini nih emang kalo masa-masa pengisian mata kuliah emang suka ngedown web nya..

    ReplyDelete