Nasi Goreng Depok

10 comments


Ceritanya gue mau sombong nih. Jadi begini man man dan para pembaca setia, tadi ba'da maghrib, gue pergi ke tempat makan yang sempet menjadi pembicaraan orang - orang di sekeliling gue tapi ga booming - booming amat sih. Nama tempat makannya adalah *jeng jeng jeng* Nasi Goreng MAFIA. *yeeaaayy*

Tapi tapiiiii, sekali lagi gue merasa kecewa. Harapan yang udah gue bangun selama ini hancur seketika. Ga sesuai sama ekspektasi. Huft. Mungkin bagi para penikmat makanan porsi besar, nasgor Mafia merupakan salah satu rekomendasi makanan yang patut buat dicoba dan dinikmati. Namun kalo soal rasa dan kenikmatan, mungkin gue sebagai penikmat nasi goreng kurang rekomendasiin deh. Kenapa? Soalnya tempatnya ga ada cabe - cabeannya nasgornya kurang gurih, kurang rada asin. 


Selama tiga tahun tinggal di Depok pula, gue juga udah berkeliling kesana kemari mencari pacar kuliner nasi goreng yang sehdaap dan mantaap. Namun hasilnya masih aja NIHIL. Gue belom nemuin nasi goreng dengan bumbu rempah yang pas, dengan asin yang pas, dengan rasa gurih yang pas. Beberapa kali malah gue nemuin nasi goreng yang keasinan atau ga ada rasa asinnya sama sekali. Mungkin si abang2 yang jual nasi goreng punya prinsip All In or Nothing dimana dia mikir untuk ngejadiin masterpiece of nasi goreng-nya asin banget atau ga asin sama sekali. Huft Aku kecewa baang.

Gue pernah nemuin salah satu penjual nasi goreng yang memberikan nasi goreng dengan penampakan visual yang meyakinkan. Mungkin kalo dia ikutan Chef Master ya nyampelah babak 1000 besar, tapi intinya tuh nasi goreng yg udah dibuat terlihat enak dipandang plus serasa ngomong ke kita, "Cicipi aku bang" . Tentunya gue nafsu dong, yaudah gue langsung hajar deh tuh nasi goreng. Sendokan pertama gue udah mulai merasakan keganjilan. "Ini nasi goreng kok ga ada asin - asinnya sih", itulah omelan yang keluar dari mulut yang sedang mangap nahan kepanasan. Kalo boleh dianalogiin yak, ini tuh ibarat kaya gue lagi pedekate sama seorang cewek. Cewenya pokoknya cakep, putih, tinggi, rambutnya panjang, jalannya ngelayang enak diliat. Ibaratnya senyumannya itu nyuruh buat kita gombalin. Sebagai cowo normal dan gentleman langsung dah tu gue gombalin

Gue : Bapak kamu yang jual nasi goreng yak?
Cewe : (dalem hati ngomong "duh mau digombalin nih, jawab iya aja deh") Iya baang
Gue : Boleh gak aku ikut buka lapak bareng bapak kamu?
Cewe : *nelen baygon*

Cerita berlanjut. Pas udah gue pedekatein dan berhasil jadian, hubungan gue ama dia jadi berasa aneh trus gue ngerasa kalo hubungan yang kita jalanin tuh datar2 aja *lagi jalan di tol dalem kota yang datar*. Jadi ga ada rasa. Hambarrrrr. Itulah yang gue rasakan ketika menemukan dan memakan nasi goreng yang ga ada rasanya. huft



Berdasarkan pengalaman - pengalaman itulah, pada akhirnya gue punya suatu teorema dan hipotesis tentang awal mula persebaran nasi goreng di Depok. Jadi begini hipotesisnya:

Pada saat dahulu kala ketika si penemu nasi goreng ini lagi promosiin inovasi nasi gorengnnya ke seluruh Indonesia. Pas sampai di kota tujuan terakhir, yaitu Depok, si Penemu ini keabisan garem. Ya karena dia pikir ini jadi kota terakhir promosinya, mau ga mau dia harus tetep demoin cara masak nasi goreng. Tentunya karena pada waktu itu ga ada garam, maka di tengah - tengah acara demo masaknya si penemu cuma bilang "tolong tambahin garam secukupnya yah". Nah karena para warga terkejut dan antusias dengan demonya serta langsung menyantap hasil masakan dari penemu, kata2 tambahan yang dikasih tau sama si penemu diabaikan. Dan pada akhirnya para tetua - tetua dan sesepuh - sesepuh Depok yang masih hidup lantas menciptakan dan memberikan warisan resep sendiri dengan apa yang mereka makan dan lihat pada proses demo masak pada waktu itu. Dan kalopun ada tetua yang masih inget kata2 tambahan dari si penemu, mungkin cucu - cucu dari para tetua itu memiliki persepsi lain. Mereka menambahkan ke nasi goreng dengan garam yang cukup. Cukup untuk membunuh nafsu makan orang. Kebanyakan nambahin soalnyaaaaa.

Mungkin ada para pecinta blog gue yg orang Depok, boleh rekomendasi tempat nasi goreng?

10 comments:

  1. Kebayang nggak tuh kalau nasi goreng kagak ada asin-asinya. Solusinya, coba deh lo pesen nasgornya buat dimakan di rumah aja. Terus kasih garem lagi deh sesuai selera. Hahahaha.

    ReplyDelete
  2. Gambarnya menarik gitu, sayang banget ternyata kurang enak.
    Padahal nasi goreng termasuk 50 makanan terlezat di dunia versi CNN. Yang jadi pertanyaan: siapa yang masak ketika 'orang CNN' ngasih nilai? Yang jelas bukan yg jualan di Depok. Heheh

    Gua orang Jakarta bro, ga bisa rekomendasi nasi goreng yang enak di Depok. Maap-maap nih..

    ReplyDelete
  3. Nasi goreng mah emang makanan sejuta rakyat.
    Tapi kalo mau nasi goreng yang enak, itu nasi goreng buatan ibu gue. beuuh.....Gratis! rasa nomer 2 haha.
    Jdi di depok kekurangan tukang nasi goreng yang enak ya? wah ibu gue punya peluang usaha nih buat buka lapak disana haha

    ReplyDelete
  4. Nasi Goreng tanpa garam. Seperti pepatah "Sayur tanpa garam ya." Hambar banget jelasnya tu.. :D

    ReplyDelete
  5. nasi goreng paling enak yang pernah saya rasain adalah nasi goreng buatan mamaku sendiri.. hehehe
    saya juga sama kayak kamu.. di jayapura sini juga saya belum pernah ngedapetin nasi goreng yang bener-bener bikin kita pengen lagi..
    walaupun kata temen enak, ya tetep bagi saya biasa-biasa aja..

    ReplyDelete
  6. Entah kenapa pas gue ngerasain nasgor mafia malah jadi keingetan sama nasi goreng buatan mama ya.. tapi masih selalu jadi misteri tentang siapa penemu resep nasi goreng pertama kali :v

    ReplyDelete
  7. kalo ngomongin nasi goreng mah paling enak nasi goreng buatan rumah, iya serius walau kadang nasinya kekeringan digorengnya tapi nikmat aja rasanya hahaa :D

    ReplyDelete
  8. serupa sama dangdut tanpa goyang ya? mungkin karena lidah dan selera penjual dan pembeli berbeda.
    jadi besok kalau beli nasgor ya numpang pinjem tempat masak sama bumbu aja, nanti diracik dan dimasak sendiri. :p

    ReplyDelete
  9. Nasi goreng pinggir kampus saya enak kok... sini aja bang *GARUT* :P
    Saya juga pernah lihat itu Yakuza eh maksudnya nasi goreng mafia disini... ternyata benar yang makan mafia semua *eh
    Selamat mencoba kembali nasi-nasi goreng yang lain ya bang ..
    Nice post :D

    ReplyDelete
  10. Hmmm.. Baca post ini jadi pengin makan nasi goreng. :D
    Apalagi ada gambar-gambar nasi goreng itu. Arrrghh. Jadi pengennn.

    Emang bener, nasi goreng yang enak itu nasi goreng buatan rumah. Apalagi buatan ibu. :)
    Sorry bro, gue gak bisa jawab dimana nasi goreng yang enak di Depok. Gue bukan orang Depok. :D

    ReplyDelete