Pesta Rakyat Jakarta

21 comments


Weh weh weh, jadi ceritanya gini nih. Kemaren jumat gue abis jalan jalan ucul ke daerah Jakarta. Ya, biasalah sebagai anak mencoba gaul Jakarte pengen dong rasanya gimana rasanya ikut - ikutan menyemaraki acara tahunan di Ibukota. Pada tau kan acara taunan di kota Jakarte tercintee? Yap, acaranya itu berjudul Pekan Raya Jakarta. Eh, tapi tapi kali ini Pekan Raya Jakarta yg pengen gue kunjungi adalah Pekan Raya Jakarta di Monas. Kali ini gue mau mencoba sensasi kerakyatan yg ada di kota Jakarte ini.

Gue sebagai anak rantau dari Tangerang yang tinggal di Depok baru cabut ke Monas sekitar setengah 7-an malem bertepatan dengan waktu banci banci juga pada keluar untuk mencari mangsa #loh?!. Sebagai anak yg kekurangan modal menjunjung tinggi transportasi umum, berangkatlah gue naek CommuterLine yang murahmeriah nyaman. Butuh waktu kurang dari satu jam untuk sampe di stasiun Juanda untuk lanjut ke Monas. Dikarenakan gue g pernah ke Monas lewat St Juanda (fyi dulu gue ke Monas lewat Gambir), bertanyalah gue ke mas mas security yg ada di peron. Beginilah percakapannya:

Gue : Mas, dari sini ke monas kemana yah?
Mas Security : Maunya jalan apa gimana nih?
Gue : (dalem hati gue mikir, kok malah nanya balik) enaknya gimana emang mas?
Mas Security : (lalu mas2nya pun juga mikir dalem hati,kok nanya balik lagi sih bocah atu) gini mas, kalo mas jalan santai ya sekitar 15 menitan lah. Mas jalan aja ke bawah terus ke seberang jalan nanti ada jembatan, naik aja tuh terus tinggal lurus doang kok nanti juga ketemu. Patokannya liatin aja monasnya dimana.
Gue : hah? Jalan Santai? (gue berasa lagi pengen acara sehat gitu)
Mas Security : Iya mas, jalan santai 15 menitan kalo jalan cepet bisa kurang kok.
Gue : Hah? Jalan cepet? (gue berasa ikut lomba agustusan jalan cepet sambil bawa sendok kelereng di mulut). Oh oke mas, yaudah makasih mas.

Abis percakapan absurd yang menentukan masa depan itu, gue langsung meluncur sesuai kata hati mas security. Sampe seberang jalan dari Stasiun Juanda sebenernya gue bingung mau ke arah mana. Yaudah, untuk menentukan arah, gue make cara klasik. Gue jilat jari telunjuk dengan sekali sentuhan lembut lalu mengacungkan jari ke angkasa. Lalu gue raba - raba apakah ada angin yang membelai jari gue dan memberikan intuisi. Hasilnya jari gue malah dijilat banci kaya gayanya Miley Cyrus.Hoeeek. Nihil. Oke, gue lanjut ke cara yang lebih jenius, nguntit ngikutin mas mas yg juga pengen ke Monas. hahaha. 

Sesampainya di Monas, suasana penuh rame. Meskipun malem, tapi panasnya minta ampun. Mungkin ini gara2 gue belum mandi daritadi pagi. Oke abaikan. Beginilah kira - kira suasana gerbang di Monas:


Liat kan tuh, itu baru siang. Gimana waktu gue dateng pas malem - malem. Beeh, mungkin dari segala jenis makhluk hidup lagi mampir ke tempat ini buat jalan - jalan. Kesan pertama waktu gue masuk ke sana, otak gue langsung lari ke beberapa kata dan gue spontan ngomong. Ini Pasar Malem?. Anjir, persis banget sama pasar malem. Cuma ini pasar malem versi elitan dikit. Bener banget dulu kata bapak Capres kita kalo PRJ di Monas ini buat kalangan menengah ke bawah.Kaya gue gue gitulah. Dari mulai masuk gue mulai mendapati banyak orang lesehan jual - jualan. Ada yg jual ceban dapet tiga, boneka unyu yg mirip kaya yg dipeluk ama cacapres gagal dari partai beringin, baju - baju sampe jersey kw yg sering gue beli pun ada.


Gue salut sama masyarakat kita yang kreatif. Kreatif dalam memanfaatkan kesempatan. Ada beberapa manusia yang bersusah payah memake kostum kostum dari spongebob, mickey mouse, ondel - ondel sampe kuntilanak + pocong untuk mengais rupiah. Loh kok bisa dapet duit gituan doang?. Bisa lah kan kreatip kite, coba aje lo pake kolor warna ijo terus jangan mandi deh dari pagi. Terus sok sokan jadi kaya genderuwo gitu, siapa tau ada yg minta poto + ngasih duit jariyah. Yah palingan kalo gagal jadi genderuwo, mirip kaya gembel lah. terus lo diangkut deh sama Satpol PP.

Di PRJ lo juga berasa di Dufan bung. Dufan versi murah tentunya. Lo tau itu kora - kora di Dufan? Ternyata ada di Monas!! Tapi ini yang ngegerakin bukan mesin, tapi tangan manusia sama berat badan panitianya. Jadi tuh kora - kora digoyangin ke atas ke bawah biar makin kenceng gitu. Nah yang gue gatau, gimana cara berhentiinnya. Mungkin sama panitianya dibiarin gitu aja kali ya. Kan kalo menurut hukum fisika, kalo benda bergerak pasti bakal berhenti di suatu waktu. Begitu pula dengan kora kora di Monas itu. Hanya Tuhan yang tahu kapan berhentinya.


Mungkin segitu aja kali ya ceritanya. Masih banyak lagi sebenernya yang bisa gue kasih tau, pastinya nanti bakal panjang dan pastinya lo lo pada jadi males buat baca nih blog. Nanti aja kapan - kapan gue buat kaya sinetron ada part - partannya gitu. Hahaaha. Oiya, fyi kalo kalian juga pengen menikmati PRJ di Monas bisa nunggu satu tahun lagi. Loh? Iya, soalnya PRJ di Monas cuma sampe tanggal 15 Juni.

Thank You

21 comments:

  1. Wahaha anak rantau tanggerang yang tinggl di depok pergi ke jakarta XD
    tahun depan ke prj lagi ya, siapa tau ketemu satpam kemaren hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lo jg ikut gue yah, ntar gue kenalin sama mas masnya.hahaha

      Delete
  2. Udah kaya pasar malam di kampung-kampung ya pasti itu yang jualan -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. beragam berooo. kaya yg mau di kampung2 ada, mau yg elitan juga ada. bebas lah disana pokoknya.haha

      Delete
  3. Sial ah telat lagi gue nonton PRJ nya -_- baru mau pulkam besok minggu tapi udah habis tanggal 15 juni kemarin. *Cuktaw < bahasa anak gaul*

    ReplyDelete
    Replies
    1. zehaha, kasian beet. taun depan deh masih ada kesempatan buat kesono cyin

      Delete
  4. Yang bikin kora kora versi monas pinter ya. Pake hukum fisika gitu :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dia lulusan teknik fisika kali yah :|

      Delete
  5. Hahah gue kemaren nggak sempet ke sana. Katanya rame banget. Ini PRJ yang buatannya Pak Jokowi itu kan ya? bukan yang satu lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yg di Monas yg gratisan yg buatannya pak jokowi. ramee banget kalo weekend, siap2 bawa kipas kalo kesana. panas beet

      Delete
  6. ooo jadi sekarang udah abis dong ya. kemarin ada yang ngajakin sih tapi lagi ada kerjaan *eh jadi curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah abis. nanti deh aku ajakin ya tapi taun depan

      Delete
  7. asli yang ada kora-kora nya mirip pasar malem deket rumah gue :G

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan jangan abangnya itu yg punya yg deket rumah lo :o

      Delete
  8. Benda bergerak bakal berhenti di suatu waktu. Begitu pula move on. #abaikan

    ReplyDelete
  9. Ada bianglala mininya juga, toh? Ahhh.. wajib kesana nih, naik itu sama beli gulali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. adaaaaaaaaa. duh gulali, duh jadi inget masa kecil gue yg g boleh makan gulali sama apa tuh yg mirip kapas yg rasanya manis gitu :(

      Delete
  10. sayang banget gue di jawa timur,jauhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada kesempatan taun depan. bilang mamah kalo mau ke jekate.takutnya ga dibolehin #eh

      Delete
  11. Mau ada acara apa di sana gue nggak bisa lihat, maklum, rumah gue nggak di Jakarta. Mau kesana juga kejauhan :|

    ReplyDelete