Kepo Bom Sarinah

17 comments

Sarinah Building
Pas gue lagi asik - asiknya ngerjain tugas, tetiba dapet kabar kalo rupanya perempatan sebelah udah kaya aksi di pelem pelem laga. Yap betul, aksi kaya di pelem pelem itu ga lain ga bukan adalah kasus baku tembak antara teroris yang katanya dari kelompok ISIS sama polisi.
Police in Action!
Ready to Attack terrorist!
Kalau diliat di video - video dari warga sekitar pasti serem banget denger suara bom plus desingan peluru. Tapi yang ga disangka - sangka pas gue tontonin tuh video, masyarakat sekitar bukannya takut terus melipir ke tempat aman malah nyamperin tekape buat ngeliat apa yang sebenernya terjadi. Salut gue ama mereka yang rela mengorbankan nyawa hanya demi nontonin korban yang sudah tak bernyawa. Tapi ya gitu, bukannya pada nolongin malah langsung sigap terus foto - foto korban. Ya, kalo ditilik lebih lanjut fenomena kaya gitu bisa kita sebut Bystander Effect. Orang - orang pada mikir "yaudah lah ya, ntar ada yang nolongin ini", dan yang terjadi adalah sebagian besar orang mikir kaya gitu dan pada akhirnya cuma hanya ada segelintir orang yang punya inisiatif buat nolong korban.

People watched bomb's victim in Sarinah
Masuk ke zaman yang serba dijital kaya gini, mungkin harap dimaklumi kalo orang - orang sudah berubah pola pikirnya. Mereka pengen paling hits sendiri moto - moto tkp dan nyebarin foto kejadian di media sosial. Ga ada yang salah sih sebenernya sama itu semua. Cuma kadang ada beberapa oknum yang nyebarin foto korban, nyebarin hoax ga bener, plus sok sok-an netapin pelaku yang pada akhirnya ketauan kalo itu bukan teroris melainkan pak polisi.

Shoot the target!
Bomb's Alert. Be careful, sir!
Orang - orang di sosial media terus heboh apakah ada kaitannya dengan konspirasi dan mulai nyambung - nyambungin sana sini, mulai dari konspirasi pengalihan isu, cocoklogi dengan kelakuan teroris luar negeri, mulai nyangkut - nyangkutin ke agama. Udah deh, pokoknya segala macem bahasan ada, mulai dari tukang sate, polisi ganteng (yang ternyata hoax juga), polantas yang ga bawa pistol (emang lo mau kalo lo ngelanggar lantas lo ditembak?), dsb. Terus keluar macem macem meme. Out of topic lah intinya yang dibahas.

Yah bukannya gue jg paling ngerasa bener dengan ngasih tau segala macem ato apalah. Sebagai sesama manusia pengen ngingetin aja buat selalu tiati dan waspada. Kalo ada bom ya minggir dulu, poto - potonya dari jauh aja. Buat yang suka nyebarin hoax, inget karma, tiati entar dikutuk baru tau rasa, yang suka becanda di tengah bencana ya mbok ditahan dulu, hargai perasaan korban plus keluarga korban. Buat yang neror ya direncanain mateng - mateng lah jangan sampe senjata makan tuan kena bom sendiri, tobat nak tobat.

Semoga ini menjadi teror yang terakhir kalinya buat negeri pertiwi. Amiin

17 comments:

  1. Indonesia memang aneh, berbeda dengan negara2 lain yang pernah diteror ISIS. tapi orang Indonesia selera humornya terlalu tinggi, pas liat memenya yang menyebar entah kenapa gue pun ngakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia memang beda! haha. Iya, meme meme mulai betebaran dimana mana. Ya mungkin maksudnya biar ga tegang. Tapi kdg ada yg kelewat bates sih becandaannya :(

      Delete
  2. Haha yang paling kocak ya yang sampe ada polisi ganteng, terus olshop olshop gercep open PO sepatu sama tas yang di pake tuh polisi.

    Dan aku sebel waktu foto foto kemarin beredar, ada yang geletakan berdarah darah engga di filter. *kemudian nggak makan siang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh, yg polisi ganteng ternyata hoax jg. malah kehoaxannya ditayangin di tv -___- wkwk olsop mah mumpung hits langsung dah gercep jualan.

      itu emang parah sih, pada psiko nyebarin disturb picture. alhasil jadi viral deh :(

      Delete
  3. Itulah Indonesia bung,.. ada yang baru sedikit "ckrek..",, bagus sedikit "ckrek, ckrek...".,. trus mereka jadi korban teror "ckrek.ckrek ckrekk.." :D haha

    ReplyDelete
  4. Agak serem juga soalnya gue mau lewat sana pas kejadian. Untung sempet liat berita jadi muter lewat tempat lain. Amin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah dems aps? kantor gue kebetulan dkt tamrin mlh g denger apa2 hm

      Delete
  5. Setelah berita ini muncul, tertiba saya mendadak ngeri keluar rumah.
    Terlebih banyak beredar berita Pejaten Village juga menjadi salah satu sasaran.
    Duh, akhirnya saya tetap keluar dengan harap aman-aman saja. Eh Alhamdulillah aman :D

    Harapannya, semoga angka kriminalitas Indonesia berkurang di tahun ini. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih parah bed dah yg ngebom2. Ngebahayain warga sipil ae. Amiiiin

      Delete
  6. Yang ngeselin dari kejadian ini adalah banyak rumor yang bikin degdegan. Ada yang nyebarin lokasi selanjutnya di kokas lah, dll. Gue yang sehari setelah kejadian ke kokas, jadi rada was-was ini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang kedua yg paling kampret stlh peneror, ya ga lain dan ga bukan si kampret penyebar hoax. Bikin makin tegang aja haft

      Delete
  7. indonesia memang beda, tapi ada kok yang lebih beda.. TV O.. tau kan? huehehehe.

    eh polisi ganteng itu hoax ya? baru tahu.. hoax emang bertebaran di mana mana.

    ReplyDelete
  8. emamg salut sama negeri kita ya. wkwkwk...
    perubahan telah terjadi ckup cepat
    kalo dulu ada peristiwa penangkapan maling aja orang udah pada sembunyi didalem rumah takut kena peluru nyasar pak polisi eh sekarang ada peristiwa terror bom orang pada ngumpul cuma buat selpie n ngmpulin poto2 lain...

    nyesek saya liat negeri kita

    ReplyDelete
  9. hehe begitulah negeri ini, negeri yang kita cintai hehe.

    tapi yah ambil positifnya aja, dengan banyak nya yang foto ana-sini kita jadi tau ada orang yang berprofesi jadi ojek online yang baik hati nolong korban luka, terus juga karna yang video@in itu kita jadi tau deh apa yang terjadi ehehe.

    salam kenal yaaa

    ReplyDelete
  10. Indonesia hebat!
    Bukannya lari atau bersembunyi. Eh malah menuju TKP.
    Absurdnya lagi liat di sosmed malah banyak bgt orang yg selfie. sungguh aneh bin ajaib.

    ReplyDelete
  11. Hhi mungkin ini makna dari slogan "alangkah lucunya negeri ini"

    Keep calm adalah solusi terbaik^^

    ReplyDelete