Ojek Jual Mahal

10 comments

Cerita bermula ketika gue baru balik dari suatu daerah, Pejompongan lebih tepatnya. Biasalah ya, sekitaran jam 6 sore menjelang waktu maghrib, mobil motor sudah mulai menyelimuti jalanan petang hari. Orang - orang pada hilir mudik, entah itu yang abis pulang kerja, pulang nyangkul, berangkat mau cari nafkah karena kedapetan shift malem, termasuk para pembegal. Standar lah buat ukuran Jakarta dimana jam segitu orang - orang berada di luar rumah.

Kelar semua keperluan gue di pejompongan, lanjutlah gue buat nyari jalan balik ke rumah. Gue sebagai anak Tangerang yang kalo kemana - mana make KRL, tentunya sangat ga ngerti naek transportasi selain KRL kalo udah maen ke Jakarta. Lantas gue langsung menghampiri mas - mas satpam yang ada di gerbang komplek LAN.

Gue : Pak, numpang nanya nih.
Mz Satpam : Iya, boleh dek. Nanya apa nih? Tapi jangan nanya jodoh kamu dimana ya. Sumpah saya gatau, dek.
Gue dalem hati : (Kampret nih bapak.....) 
Gue : Pak, kalo dari sini ke Slipi naek angkutan apa yah.
Mz Satpam : Jadi gini kamu dari sini naek bla bla bla bla bleb mmmm blala turun di jembatan bleb mblem cekuik bla bla lanjut lagi deh tuh naek bla bla bla bla bleb mmmm blala nah sampe dah tuh di bleb mblem cekuik bla bla.
Gue hanya bisa cengok
Mz Satpam : Kalo mau gampang sih mending mas ke depan terus naik ojek deh.
Gue : Jadi bisa naek ojek pak? (ngapa ga bilang dari tadi pak'e<---ngomong dalem ati). Berapa yak pak kira2?
Mz Satpam : Bisa mas. Buat harganya sih silahkan dinegosiasikan dengan kang ojek bersangkutan.
Gue : Makasi pak. Sambil ngasih salam hormat.

Kemudian, jalanlah gue ke depanan sikit. Eh apa yang gue harapkan ternyata terjadi. Sekumpulan kang ojek sedang lagi ngobrol2 asoy. Langsung aja deh gue samperin ke salah satu nominasi kang ojek yang akan gue naeki.

Gue : Bang, Slipi.
Kang Ojek : Nyoook. (Sambil make helm buat cusss)
Gue : Eiitttss, entar dulu bang. Berapa dulu nih buat ke Slipi?
Kang Ojek : 15 rebuuu
Gue : Ebuseeettt, biasanya juga 10 rebu bang *sotoy* (padahal gue gatau harga biasanya). Yah, bang. 10 aja yak bang. Ga ada lagi nih duit saya. Saya cuma mau ke halte Slipi doang nih. (Sambil nyodorin duit gocengan 2 lembar)
Kang Ojek : Ga bisa dek, lagi macet nih jalanan ke Slipi. 15 hayoook deh. (Sambil nyopot helm)
Gue : Yah bang. Saya tambah deh ini 2000-an. Pas dah tuh. Saya senang, abang senang, dan Pak Satpam pun akan senang. Gimana bang?
Kang Ojek : Tambah lagi deh dek 3000 biar pas jadi 15 rebu. (Masang helm ke kepalanya lagi)
Gue : Yaudah, saya tambah seribu deh bang. (Sambil nyodorin duit gopekan 2 biji). Penghabisan nih bang, duit saya tinggal segini.
Kang Ojek : Yah dek, 15 rebu udah paling pas tuh. Coba deh tanya aja ke ojek yang lain. (Sambil nunjuk ke ojek lain dibarengin nyopot helm kembali)
Gue : Jadi, ga bisa nih bang. Yaudah deh. Saya ga jadi ngojek.

Gue kemudian jalan agak ke depanan. Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Kang ojek dari arah lain yang sedang jalan nawarin ojek ke gue. Cuma sekali nawar ternyata berhasilah bapak ojek mau nganterin gue dengan 12 ribu. Pas gue mau naik ojek, kang ojek yang pertama nyamperin gue. Berhubung gue udah dapet ojek baru, alhasil dia ga jadi nawarin gue dan langsung balik puter arah kembali ke sarangnya.

Sejujurnya, ini bukan tentang kepelitan gue yang ga mau bayar lebih buat kang ojek. Tapi ini tentang harga diri gue sebagai penawar, coy. Karena gue pikir akang ojek terlalu jual mahal ketika gue nawar. Padahal disana gue udah menerapkan prinsip win win solution. Tapi gegara abangnya yang terlalu jual mahal, akhirnya gue ga jadi ngojek ke dia. Padahal kan ini yang butuh bukan cuma gue doang.


Sebenernya kasus gue bisa diaplikasikan nih buat para cowo/cewe yang ketemu sama gebetan/pacar yang sok jual mahal. Satu hal yang jangan lo lakuin. Ngemis. Kadang, ketika lo jatuh cinta, lo ga akan mengakui dan meyadari kalo lo sedang ngemis - ngemis akan cintanya. Wake up, guys. Diri lo bisa dapetin yang jauh lebih baik daripada sekedar ngemis akan cinta yang belum tentu bisa memberikan apa yg lo harapkan. Cinta itu kebutuhan semua orang. Maka carilah cinta yang win win solution, cinta yang bisa menyenangkan kedua belah pihak. Ga cuma satu doang!

10 comments:

  1. Eaak eaak eaak super sekali, cinta juga butuh win win solutian, saling menyintain satu sama lain. dih keren kejadian kamu bisa di analogikan kedalam kehidupan cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah perlu dong. soalnya sejauh mata memandang, banyak banget orang2 yg ngemis2 buat cinta, ngarep ga ketulungan, atau perjuangan cuma dilakuin satu orang. Perjuangan buat cinta ga perlu seberat itu

      Delete
  2. Gue bingung ya, kadang biaya kang ojek dan kang bajaj lebih mahal ketimbang taksi. Ngeselin aja gitu.
    Dari stasiun ke kampus gue aja bajaj maunya diatas 10rebu. padahal kalo kopaja cuma 3rebu.

    bazingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ini gue setuju, harus pinter macem emak2 dah kalo soal beginian. Kalo ga sesuai, tinggal!

      Delete
  3. Sebenarnya sama-sama butuh sih yaaaa.. Cumak kalok dapet ojek yang jual mahal gitu kok ya ngenes. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, makanya kang ojek suka seenak udel gitu. apalagi kalo kita orang awam gituh :(

      Delete
    2. Mereka bisa liat dari gelagat kita kali yak :'

      Delete
  4. Kupikir cuma cewe yg bisa jual mahal, tapi kang ojek juga bisa

    ReplyDelete
  5. Jadi kalau cewe udah main jual mahal dan gak bisa tawar lagi,lebih baik cari tukang ojeg lain lagi aja ya :D

    ReplyDelete
  6. Asem, wkwk ujung2 nya disambungin ama cinta :D
    Klo bgitu kita jgj ngemis yah, trus klo kita jual mahal boleh lah? Hehe

    Serba salah si klo msalah cinta,
    klo ngejar/ngemis di kira gmpangan,
    klo jual mahal ntar dikira sombong :3

    So bener jgn ngemis cinta, tapi tawarkan cinta. Klo ga mau ya udh buat yg lain.. Hhe

    ReplyDelete