Indonesia, Sepak Bola, dan #BekukanPSSI

1 comment

Gue di umur 21 begini baru kali ini gedek ngeliat sepakbola Indonesia. Mungkin bagi sebagian rakyat Indonesia, sepakbola adalah hiburan yang bisa dinikmatin kapan aja. Gak cuma para elite politik yang bisa nobar langsung di stadion, para warga kampung termasuk gue yg duitnya tiris rela - relain buat ke kampung sebelah cuma buat nonton bareng, apalagi kalo yang maen timnas Indonesia tercinta. Pokoknya dari anak kecil sampe embah - embah, dari lelaki sejati sampe lelaki sekong semuanya pada demen ngeliat timnas maen. Tapi itu dulu......

Jaman sekarang? Tahun 2014? Mau ngeliat apaan? Timnas Indonesia? Ga ada yang namanya Timnas Indonesia di tahun 2014. Mungkin yang ada tim Indonesia Mencari Bakat, tim Indonesia All Star, dan yang pasti namanya bukan Timnas Indonesia.titik

Gue mengakui kalo Zulkifli Syukur, Kurnia Meiga, Firman Utina, dkk adalah bagian dari tim nasional. Lah terus? Gue hanya ga mau mengakui kalau tim yang "katanya" membawa nama Indonesia ini disebut Timnas Indonesia. Kenapa? Karena tim yang dibuat ini membawa nama P$$I! #sehdaapp #ganyambung? #bodoamat


Mungkin kegedekan ini ga cuma gue doang yang ngerasain, mungkin temen - temen gue yang sedang baca ini juga lagi kesel. Mungkin juga semua masyarakat Indonesia semuanya juga pada KZL ngeliat gue nyerosos mulu Indonesia kalah mulu. Asal lo tau dan mungkin kalian udah pada tau kali yak kalo banyak banget alesan yang dibeberkan ama pelatih maupun sama PSSI pas kita kalah tanding. Gue bakal ngerangkum semua alesan menjadi beberapa doang. Berikut alesan klasik yg biasa diomongin pelatih atau PSSI:

1. Postur Pendek

Mungkin ini alesan paling menstrim yang diucapin komentator atopun pelatih ketika timnya kalah. Yang gue lebih ga ngerti lagi, ketika postur pemaen pada lebih pendek dibandingkan dengan pemaen lawan, tim dengan pemaen pendek malah gegayaan maen umpan lambung. Ini ibarat orang jelek ngaku-ngaku ganteng ke cewe cakep. Hasilnya apa? Gagal Total!

2. Kalah Stamina

Ini juga alesan yg cukup menstrim di tengah kekalahan timnas. Stamina pemain Indonesia rendah. Haft. Paling ngaco lagi ketika pelatih udah alesan kalo lawannya bule yg mana punya stamina lebih kuat dibanding pemain Indonesia. Kalau dipikir lebih jauh atau kita curhatin masalah ini ke Lionel Messi, mungkin Messi bakal ketawa ngakak. Lah tiap main, si Messi lawan bule - bule. Tapi yg ada malah si bulenya yg kalah stamina sama Messi. Eh btw, Messi bukan bule kan yak? #salahanalogi

3. Persiapan Kurang Matang


Terakhir, ini alasan yg dari tahun ke tahun pasti muncul. Pelatih atau organisasi bilang kalo persiapan pembentukan timnas sangat mepet waktunya, ga bisa maksimal. Baru kelar liga Indonesia, langsung dikumpulin pemainnya dan itu cuma sebulan sebelum kompetisi antar negara. Pemain juga ga bakal siap lah. Ini ibarat ada cowo abis ditolak terus besoknya langsung nembak ke cewe lain. Akhirnya sama! Gagal Maning Gagal Maning.


Mungkin lo semua yang pecinta timnas dan mengikuti perkembangan timnas pasti apal deh sama alasan - alasan mereka. Tapi meskipun begitu, gue tetep dukung sampe darah penghabisan buat Tim Nasional Indonesia dan mungkin gue hanya bisa berdoa semoga kejayaan Indonesia kembali lagi. Amiiin.


1 comment: